Jumat, 14 November 2014

Tugas 3 Softkill Bahasa Indonesia 2



Curriculum Vitae (CV)

1. Pengertian Curriculum Vitae (CV)

Curriculum vitae adalah deskripsi tertulis tentang pengalaman kerja anda, latar belakang pendidikan, dan keterampilan. Juga disebut CV, atau hanya vitae, itu lebih rinci dari resume dan umumnya digunakan oleh mereka yang mencari pekerjaan di luar AS dan Australia. Sebuah curriculum vitae juga digunakan oleh seseorang mencari pekerjaan akademis, yaitu di college atau universitas.
Ada beberapa perbedaan antara curriculum vitae dan resume. Sebuah curriculum vitae adalah lebih lama ( hingga dua atau lebih halaman ), lebih sinopsis rinci latar belakang dan keterampilan. Sebuah CV berisi pengungkapan latar belakang pendidikan anda dan akademis serta pengalaman pengajaran dan penelitian, publikasi, presentasi, penghargaan, kehormatan, afiliasi dan rincian lainnya. Sebagai dengan resume, anda mungkin perlu berbagai versi CV untuk berbagai jenis posisi.
Seperti resume, daftar riwayat hidup harus menyertakan nama anda, informasi kontak, pendidikan keterampilan dan pengalaman. Selain dasar - dasar, CV termasuk penelitian dan pengalaman mengajar, publikasi, hibah dan beasiswa, asosiasi profesi dan lisensi, penghargaan dan informasi lainnya yang relevan dengan posisi yang anda lamar. Mulailah dengan membuat daftar semua informasi latar belakang anda, kemudian mengaturnya ke dalam kategori. Pastikan anda menyertakan tanggal pada semua publikasi yang anda masukkan. 

2. Hal - hal yang berhubungan dengan CV 

Manfaat Curiculum Vitae
            Manfaat curiculum vitae adalah menjelaskan keterangan diri, informasi diri, data diri dan sebagainya. Dengan CV, setiap orang yang membaca dan memeriksa CV seseorang akan dapat mengetahui dan menelaah setiap orang dari informasi diri yang telah diberikan, serta dapat memberikan gambaran seseorang melalui kegiatan – kegiatan atau dari spesifikasinya dalam pendidikan dan berorganisasi. Dengan kata lain manfaat CV menjelaskan kriteria diri dalam bentuk teks.
Susunan Curiculum Vitae :
1. Data Pribadi
Bagian ini berisi nama, alamat, agama, email, nomor telepon dan identitas pribadi lainnya.
2. Pendidikan
Bagian ini menjelaskan latar belakang pendidikan dan berhubungan dengan pekerjaan yang dituju. Pada umumnya, banyak yang  membuat CV menjelaskan dari TK (Pendidikan paling dasar), SD, SMP sampai perguruan tinggi (Pendidikan terakhir).
3. Pengalaman Kerja
Bagian ini adalah bagian yang paling dilihat oleh perekrut kerja. Pengalaman kerja memberikan gambaran apakah seorang kandidat sudah memiliki jam terbang yang cukup atau masih terbatas. Rekruter juga bisa menentukan apakah kandidat dapat segera menyesuaikan diri di organisasi yang baru atau apakah dia butuh penyesuaian yang panjang. 
4. Skill Yang Dimiliki
Seharusnya pada bagian ini perlu dijelaskan dalam CV skill apa saja yang telah dimiliki sebagai proses belajar maupun pengalaman dari pekerjaan sebelumnya. Dan dibuat dalam bentuk yang meyakinkan dan informatif.
5. Training Yang Pernah Diikuti
Untuk lebih meyakinkan lagi, perlu memasukkan daftar training yang pernah diikuti sebelumnya untuk memberi gambaran sejauh mana pemilik CV telah berkembang dan wawasan apa saja yang sudah dimiliki.
6. Prestasi
Ini adalah bagian yang penting disamping pengalaman kerja yang menjelaskan keunikan, kelebihan dan presetasi sebagai individu sekaligus pencapaian di bidang tertentu.
7. Kegiatan Ekstrakurikuler/Kemasyarakatan
Selain hal-hal yang berhubungan langsung dengan pekerjaan. Pada CV juga perlu memberikan sedikit gambaran kegiatan yang dilakukan di masyarakat. Ini akan menunjukkan bahwa pemilik CV bisa membagi waktu dan memiliki hubungan sosial  yang lebih luas, tidak hanya sebatas di lingkungan pekerjaan. 

3. Contoh CV 

DAFTAR RIWAYAT HIDUP


Data Pribadi :

Nama                              : Natalia Amanda
Tempat, Tanggal Lahir   : Jakarta ,01 Nopember 1982
Jenis Kelamin                 : Perempuan
Agama                            : Islam
Kewarganegaraan           : Indonesia
Alamat                            : Jl. Kramat Batu No. 10
                                          Gandaria Selatan,  Jakarta Selatan 12420
Telepon                           : 021 6523987 (Rumah)
                                          0812 222 5555 (HP)

Latarbelakang Pendidikan

Formal
1996 – 1999 : SMP 30, Jakarta
1999 – 2002 : SMK 28 Jakarta Jurusan Administrasi Perkantoran
2002 – 2005 : LP3I, Jakarta

Non Formal
1999 – 1999 : Kursus Komputer di Bina Informatika Nusantara, Jakarta
1999 – 2000 : Kursus Bahasa Inggris di LIA, Jakarta
2002 – 2003 : Kursus Akuntansi di Lembaga PAPP

Kemampuan

 Kemampuan Akuntansi (Accounting) dan Administrasi. Journal printing & Calculation, Ledger, Salary Calculation, Project Data Updating, Teller, Petty Cash Payroll & Calculation, Inventory Controls)
Kemampuan Komputer (MS Word, MS Excel, MS PowerPoint, MS Access, MS Outlook dan Internet)
Memahami Sistem Perpajakan

Pengalaman Kerja

Praktek Kerja Lapangan:

Praktek Kerja di  : PT. Astra Internasional, Jakarta
Periode                : April 2000 – June 2001
Tujuan                 : Persyaratan kelulusan SMK 28 Jakarta
Posisi                   : Adminsitrasi

Rincian Pekerjaan:
- Mengupdate data konsumen
- Mengatur jadwal pertemuan dengan konsumen
- Menyiapkan surat-surat pernawaran untuk konsumen
- Menyiapkan tagihan

Bekerja di PT. Andess Coklat Mandiri Sejahtera,  Jakarta

Periode       : Januari 2002 - Mei 2007
Status         : Karyawan Tetap
Posisi         : Staff Finance

Rincian pekerjaan :
- Melakukan surat menyurat bisnis
- Menerbitkan dan menerima faktur dari pemasok
- Mengelola kas kecil
- Mengontrol persediaan peralatan kantor
- Penggajian (payroll)

Demikian riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya.


Jakarta, 10 Agustus 2013

Natalia Amanda

Surat Menyurat

1. Pengertian Surat Menyurat

     Surat menyurat adalah suatu kegiatan untuk mengadakan hubungan secara terus menerus antara pihak yang satu kepada pihak yang lainnya. Dan dilaksanakan dengan saling berkiriman surat. Kegiatan surat menyurat ini disebut juga dengan istilah lainnya yaitu korespondensi. Jika hanya sepihak saja yang mengirimkan surat secara terus menerus tanpa ada balasan atau tanggapan dari pihak lainnya hal ini tidak dapat dinamakan kegiatan surat menyurat. Setiap kerja perorangan apalagi organisasi selalu membutuhkan kerja sama dengan pihak lain untuk mencapai tujuannya. 

2. Jenis-jenis Surat

     1.    Berdasarkan Sifat Surat
Berdasarkan sifatnya surat dapat digolongkan menjadi lima jenis yaitu :
a.        Surat Pribadi
Surat pribadi adalah surat-surat yang bersifat kekeluargaan, surat-surat yang berisi masalah keluarga, baik tentang kesehatan, keuangan keluarga dan sebagainya.

b.      Surat Dinas Pribadi
Surat dinas pribadi disebut juga surat setengah resmi adalah surat-surat yang dikirimkan dari seseorang atau pribadi kepada instansi-instansi, perusahaan-perusahaan, ataupun jawatan-jawatan.

c.       Surat Dinas Swasta
Surat dinas swasta disebut juga surat resmi adalah surat-surat yang dibuat oleh instansi-instansi swasta, yang dikirimkan untuk para karyawannya ataupun untuk para relasinya atau langganannya atau instansi –instansi lain yang terkait.

d.      Surat Niaga
Surat niaga adalah surat yang berisi, soal-soal perdagangan yang dibuat oleh perusahaan yang dikirimkan kepada para langganannya.

e.       Surat Dinas Pemerintah
Surat dinas pemerintah adalah surat-surat yang berisi yang masalah-masalah administrasi pemerintah yang dibuat oleh instansi pemerintah.

2.     Berdasarkan Wujud Surat
Penggolongan surat berdasarkan wujudnya dapat dibagi kedalam tujuh jenis, yaitu :
a.     Surat Yang menggunakan Kartu Pos
Kartu pos adalah blanko yang dikeluarkan oleh Perum Postel atau instansi lain yang telah diberi izin Perum Postel untuk mencetaknya asal sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan Perum Postel.

b.      Warkat Pos
Warkat pos adalah sehelai kertas yang telah dicetak dengan memakai lambaga dan petunjuk penulisan berita, yang dikeluarkan oleh perum postel atau instansi lain yang telah diberi izin.

c.       Surat Bersampul
Surat bersampul adalah surat-surat yang isinya atau beritanya ditulis pada kertas lain, kemudian kertas surat tersebut dimasukkan kedalam sampul atau amplop.

d.      Surat Terbuka dan Surat Tertutup
Surat terbuka adalah surat-surat yang isinya dapat dibaca oleh umum misalnya, surat dari pembaca kepada pembaca atau surat yang dikirimkan oleh pembaca untuk pemerintah, instansi lain, melalui redaksi surat kabar, majalah, tabloid, dan sebagainya.

e.       Memorandum dan Nota
Memorandum adalah salah satu alat komunikasi berupa surat-surat dilingkungan dinas yang penyampaiannya tidak resmi dan digunakan secara intern (didalam lingkungan sendiri baik perusahaan ,instansi lainnya). Nota adalah merupakan alat komunikasi kedinasan antara pejabat dari suatu unit organisasi yang digunakan secara intern dalam lingkungan sendiri, tetapi bersifat resmi.

f.       Telegram
Telegram adalah suatu alat komunikasi dengan cara menyampaikan berita-berita melalui radio atau pesawat telegram mengenai sesuatu hal yang perlu segera mendapat penyelesaian dengan cepat. Isi telegram berupa tulisan-tulisan singkat yang dikirimkan dari jarak jauh.

g.      Surat Biasa
Surat biasa adalah surat-surat yang isinya tidak mengandung rahasia walaupun terbaca oleh orang lain, seperti surat undangan pernikahan atau khitanan, surat pertemuan para siswa untuk rekreasi dan sebagainya.

3.      Berdasarkan Keamanan Isinya
         Berdasarkan keamanan isinya, surat dapat digolongkan menjadi tiga jenis yaitu :
         a.      Surat Sangat Rahasia
adalah surat-surat yang digunakan untuk surat-surat yang berhubungan dengan keamanan Negara atau surat-surat yang berupa Dokumen Negara, sehingga bila surat ini jatuh ketangan yang tidak berhak maka akan membahayakan masyarakat atau Bangsa dan Negara.

b.      Surat Rahasia
Adalah surat-surat yang isinya harus dirahasiakan, tidak boleh dibaca oleh orang lain,
Karena bila jatuh ketangan orang yang tidak berhak, akan merugikan perusahaan atau
Instansi tersebut.

c.       Surat konfidensial
Adalah surat-surat yang termasuk surat rahasia juga, karena isinya tidak boleh diketahui orang  lain cukup hanya diketahui oleh pejabat yang bersangkutan, karena kalau jatuh kepada orang yang tidak berhak akan mencemarkan nama baik orang tersebut. Contohnya surat laporan tentang karyawan yang korupsi.

4.      Berdasarkan Proses Penyelesaiannya
         Surat berdasarkan proses penyelesaiannya dapat digolongkan menjadi tiga jenis, yaitu:

         a.      Surat Sangat Segera atau Surat Kilat
Surat yang harus dikirimkan dengan sangat segera atau kilat adalah surat yang harus ditangani secepat mungkin pada kesempatan yang pertama karena surat ini harus segera dikirimkan secepatnya karena penerima harus cepat menanggapi dan menyelesaikannya.
           b.      Surat Segera
           Adalah surat yang secepatnya diselesaikan tetapi tidak perlu pada kesempatan yang
           pertama   dan segera dikirimkan supaya mendapat tanggapan dan penyelesainya dari
           pihak penerima.
           c.       Surat Biasa
           Adalah surat-surat yang tidak perlu tergesa-gesa untuk penyelesaian karena tidak perlu
           mendapat tanggapan yang secepatnya dari penerima.

5.      Berdasarkan Dinas Pos
         Surat berdasarkan pos dapat digolongkan menjadi :
 a.       Surat Biasa
 Adalah surat yang menurut penggolongan dinas pos, surat yang dibuat oleh seseorang yang
 isinya atau sifatnya biasa atau tidak begitu penting, karena pada umumnya surat ini tidak
 perlu mendapat tanggapan yang secepatnya dari penerima, dengan demikian surat-surat ini
 penyampaiannya kepada tujuan atau penerima waktunya tidak dipastikan, tetapi biaya yang
 dikenakan dinas pos, prangkonya cukup murah.
     
 b.      Surat Kilat
 Adalah surat-surat yang secepatnya ditangani supaya mendapat tanggapan dan penyelesaian yang      secepatnya pula dari penerima. Oleh karena itu surat kilat cara penyampaiannya, ongkos pengirimannya atau prangkonya lebih mahal dari surat biasa.

c.    Surat Kilat Khusus
adalah surat-surat yang dibuat seseorang yang isinya sangat penting dan harus segera ditangani supaya mendapat tanggapan dan penyelesaian yang secepatnya dari penerima

d.    Surat tercatat
Adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang isinya sangat penting, sehingga harus segera ditangani dan diselesaikan secepatnya supaya surat tersebut mendapat tanggapan dan penyelesaian secepatnya pula dari pihak penerima, surat inipun hampir sama dengan kilat khusus, cara penyampaiannya oleh dinas pos sangat diutamakan ongkosnya atau prangkonya mahal.

3.  Cara Membuat Surat ( Surat Lamaran Kerja )

Membuat surat lamaran kerja bisa dibilang susah susah gampang. Bagi mereka yang sudah terbiasa dalam urusan surat menyurat membuat sebuah surat lamaran kerja adalah hal yang sangat mudah dan dapat diselesaikan dalam hitungan menit. Namun beda halnya dengan orang yang belum pernah atau jarang sekali membuat surat, bagi mereka membuat surat lamaran kerja adalah sebuah hal yang sangat menyiksa dan terasa sangat sulit. Mereka cenderung meniru atau menyuruh teman mereka membuatkan surat lamaran kerja buat mereka. Namun tenang sobat, mulai dari sekarang Anda tidak perlu ketakutan jika harus berurusan dengan surat lamaran kerja. Dalam kesempatan kali ini kita akan belajar bersama-sama bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.  
Perlu kita ketahui, dalam membuat surat terutama untuk melamar kerja kita harus cermat dan teliti. Penulisan serta gaya bahasa juga harus baik dan benar sesuai dengan EYD Bahasa Indonesia. Surat lamaran kerja Anda adalah modal awal untuk menunjukkkan siapa Anda dan apa yang Anda punya. Dari surat lamaran kerja inilah karir dan masa depan Anda ditentukan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penulisan surat lamaran kerja, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Gunakan bahasa serta penulisan yang baik, padat dan berisi. Selain itu Anda juga harus menggunakan bahasa yang sopan dan santun. Hal-hal seperti ini sangat berpengaruh dalam penilaian penguji terhadap kepribadian Anda. 
  2. Membuat surat lamaran kerja bisa ditulis tangan atau bisa juga diketik menggunakan komputer. Kalau perusahaan yang akan Anda lamar mengintruksikan untuk tulis tangan ya berarti Anda harus menulis tangan, begitupun sebaliknya. Kalau misalkan perusahaannya tidak mengintruksikan hal tersebut terserah Anda mau ditulis tangan atau diketik.
  3. Buatlah surat lamaran kerja yang lengkap. Lengkap dalam hal ini berarti seluruh persyaratan yang diminta oleh perusahaan tempat dimana Anda melamar kerja sudah Anda penuhi. Biasanya surat lamaran kerja disertai dengan foto copy ijasah terakhir, Pas Photo ukuran 4x6, foto copy sertifikat/khursus, foto copy bukti pengalaman kerja, daftar riwayat hidup/CV, dll.
  4. Tunjukan kelebihan yang Anda miliki dalam surat tersebut. Jangan terlalu over/berlebihan saat Anda menunjukkan kelebihan yang Anda miliki, dengan begitu Anda akan terkesan sombong tunjukkan kelebihan Anda dengan sewajarnya saja. Anda pasti tahu bagaimana cara menjadi orang yang sederhana tapi berilmu. 

Di bawah ini ada beberapa contoh dari surat lamaran kerja yang sudah jadi. Dari beberapa contoh surat lamaran kerja dibawah ini saya berharap Anda bisa belajar membuat surat lamaran kerja Anda sendiri, silakan disimak.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Hal : Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth.,
Kepala Bagian Personalia

PT. Belajar Cara Buat 

Jl. Panembahan Senopati No. 45

Jakarta Timur.

 Dengan hormat,

Bpk. Janu Jana, seorang asisten editor di PT. Belajar Cara Buat menginformasikan kepada saya tentang rencana pengembangan dan penambahan tenaga kerja di Departement Finansial PT. Belajar Cara Buat. Sehubungan dengan hal tersebut, dengan ini perkenankan saya mengajukan diri untuk bergabung serta menjadi bagian dalam rencana pengembangan PT. Belajar Cara Buat.

 Mengenai diri saya, dapat saya jelaskan sebagai berikut :

 Nama                                      :  ......................................

 Tempat & Tgl. Lahir              :  ......................................

 Pendidikan                             : ......................................

 Alamat                                   :  ......................................

 Telepon (HP)                          :  ......................................

 E-mail                                     :  ......................................

 Status Perkawinan                 :  ...................................... (single/nikah)


Saat ini saya bekerja di PT. Gemilang Tata Usaha, sebagai Manager Divisi Marketing Online, dengan fokus utama pekerjaan di bidang penjualan serta pemasaran di bidang Online Marketing.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
  1. Daftar Riwayat Hidup 

  1. Foto copy ijazah S-1

  1. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan

  1. Pas foto terbaru.

Besar harapan saya untuk diberi kesempatan wawancara, dan dapat menjelaskan lebih mendalam mengenai diri saya. Seperti yang tersirat di resume (riwayat hidup), saya mempunyai latar belakang pendidikan, pengalaman potensi dan seorang pekerja keras.


Demikian saya sampaikan. Terima kasih atas perhatian Bapak.

Hormat saya,


Sastra Wijaya Sampurna


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar